google
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Create your own banner at mybannermaker.com!
Create your own banner at mybannermaker.com!

4 Sep 2010

Gungung Sinabung Meletus

foto:conoy7 desa sukanalu

foto:eric desa sigarang - garang



       Siapa yang menyangka Gunung kebanggaan masyarakat Sumatera Utara umumnya masyarakat Tana karo Khususnya takni Gunung Sinabung, akan meletus atau bereksi seperti ini? Tempat favoritku dahulu mulai dari SMA samapai aku Kuliah, dan aku yakin gunung ini menjadi pelihan utama bagi penggiat alam bebas disumatera utara. Walaupun gunung sinabung ini sempat aku tinggalkan karena para pengunjung yang tidak bertanggung jawab, yang katanya mengaku - ngaku anak penggiat alam tapi kelakuannya tidak sesuai dengan anak - anak penggiat alam yang lestari. Mulai aku pijakkan kakiku kegunung Sinabung ini ditahun 1997 tempat yang begitu asri dan hijau sejuk, segar hawa yang aku hirup. Danau Lawkawar yang jernih dan bersih tempat kami mendirikan tenda atau campGround sebelum naik kepuncak gunung sinabung. fasilitas yang baik rapi dan bersih saat itu masih ada disana, warung pak tolu yang hanya ada disana yang setia menemani dengan keramahtamahan beliau. Sinabungku yang indah, keren sekali jika kita pandang dari bawah sayang kalau sampai kita kitak sampai kepuncak kata temanku Chandra Buana Siregar. Jika kami naik kepuncak gunung Sinabung biasanya kami melakukan pendakian pada malam hari kira - kira pukul 23.30 - 00.30, selain pemandangan malam yang menakjubkan kami juga ingin mengejar sunrise, saat fajar tiba. Bergabung bersama anak - anak Dayak melakukan perjalanan pendakian bersama. Singkat cerita aku melakukan pendakian terakhir tahun 2001, nah ditahun 2001 itulah kami bertemu dengan wisatawan Amerika Serikat sebanyak tiga orang beserta para pemandu dan berkenalan, kemudian saat sambil berjalan menuju turun dia ( George Ramonesky ) mengatakan nanti pada suatu saat gunung Sinabung ini akan meletus, dan kami terheran - heran apa bisa gunung yang tidak aktif lagi meletus, dan ucapan george itu hanya kami abaikan setelah kami bahas - bahas sebentar.
                    Namun pada kenyataannya gunung Sinabung kita memang telah bereaksi dan perkataan George Ramonesky terjawab sudah. akhirnya gungung sinabung meletus juga. Mungkin karena para pengunjung - pengujung aneh yang bisanya hanya merusak itulah yang membuat sinabung bereaksi, dan alasan itu pula kenapa aku tinggalkan sinabung karena pengunjung - pengunjung dan pengelolah aneh yang merusak gunung sinabung dan danau lawkawarlah penyebabnya. Namun kalau menurut para peneliti dan secara ilmiah kenapa sinabung bereaksi karena pergesera lempeng bumi. Kami para penggiat alam Teratai, GEMPA ITM, Jaya Wahana, Pendopo Langit, Tegar 5, Gugusan Sumatera, Kadipaten Wahana, Rahada Soja, Pita Merah, Pusaka Merah Putih, WanaGaruda,Selter Sumatera, Kordinat Alam, Japattin, Tangan Hijau. turut perihatin dan berbela sungkawa atas bergejolaknya gunung sinabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

,

Untuk Promo Iklan Anda, Tour to the Langkat, Pelatihan Kesiap Siagaan Bencana - Silahkan Contact: +6281265247980 - E-mail:taganalangkat@yahoo.com
design,mulai

Labels

bagi,testing

Redaksi Blog Tagana Langkat