google
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Create your own banner at mybannermaker.com!
Create your own banner at mybannermaker.com!

16 Sep 2010

Sinabung Meletus Warga Panik

foto eric
 Masyarakat yang menyelamatkan diri saat gunung sinabung mengeluarkan debu dan asap panas, masyarakat mulai meninggalkan desa mereka masing - masing dengan menggunakan transportasi roda dua dan roda empat. Walaupun belum menggeluarkan larva, masyarakat sangat panik dan khawatir dengan keselamatan mereka, informasi yang minim tentang Gunung Sinabung membuat masyarakat semakin panik dan khawatir.Masyarakat mengungsi didaerah yang lebih aman yakni diKabanjahe dan Berastagi. Menyusul warga masyarakat yang lain yang telah mengungsi terlebih dahulu. Namun setelah mereka sampai ditempat pengungsian tidak lama kemudian, keluarlah himbauan bahwa masyarakat diminta tenang dan jangan panik, karena gunung sinabung tidak akan membahayakan, karena status gunung sinabung dalam kategori tipe B artinya tidak berbahaya. jadi masyarakat hanya diminta untuk menggunakan masker saja dan dapat pulang kedesanya masing - masing. setelah mereka pulang tepat pada pukul 23.45 wib waktu redaksi meletuslah kembali Gunung Sinabung tersebut, dan akhirnya kepanikan pun terjadi kembali hingga memakan korban tewas akibat panik dan mengalami sesak nafas, serta korban sekarat yang terjatuh dari lantai dua karena panik yang dirawat dirumasakit medan.



foto eric
 Suasana dijalan medan - berastagi yang riuh oleh masyarakat yang mengungsi. tampak wajah - wajah kelelahan dan sembab karena baru terbangun dari tidur mereka. Suasana yang tidak pernah kita lihat sebelumnya jika kita berada dilokasi ini, yang biasa terlihat hanya mobil pengangkut sayuran yang menuju medan biasanya terlihat tetapi kini jalan dipenuhi kendaraan yang mengangkut manusia.
foto eric
Inilah kepanikan yang terjadi pada saat gunung sinabung meletus. dimana jalan - jalan dikabanjahe dan berastagi dipadati oleh masyarakat yang panik untuk mengungsi. volume masyarakat yang sangat segnifikan hingga mencapai 20.000 jiwa ini membuat suasana hingar - bingar dan sontak gaduh. sesaat kami hanya memperhatikan dari pinggir jalan dengan apa yang terjadi disini. Masyarakat Karo yang dikenal keras nada bicaranya menambah suara gaduh semakin keras saja terdengar. disela - sela kepanikan ini ada beberapa kecelakaan ringan hingga ribut mulut dan sebagainya. belum lagi suara anak - anak kecil dan bayi yang menangis, sungguh cukup prihatin dan menyedihkan.

foto eric keluarga Bapak P. Surbakti

terlihat keluarga Bapak P.Surbakti wargadesa Sukanalu yang mengungsi dengan menggunakan sepeda motor miliknya yang tampak telah terkena debu gunung sinabung pada bagian wajah dan anak - anaknya. keluarga ini juga tidak menggunakan masker untuk melindungi pernafasan. ini sangat berbahaya untuk kesehatan bapak P.Surbakti dan keluarganya. Komentar Pak Surbakti : Tak ku fikir apa - apa lagi pun, yang penting aku pergi ajalah, kencang - kencang pun ku gas kereta aku, gak peduli lagi aku yang penting kami selamat. rumahku pun kutinggal gitu aja. besok pagilah rencananya ku tenggok lagi rumah ku itu, itu pun kalo sutuasi ini aman.

komentar masyarakat : yang kami sayangkan kenapa prediksi yang orang itu buat sama kami meleset itu ajanya yang kami palak.  Macam mainan kami ini dibuat orang itu, bodoh kali pun orang itu jauh - jauh kemari salah, bagus pulangkan aja orang itu balek kesana. Ha itulah, palak kali kami memang sekarang.entah cemana - cemana kami dibuat, suka - suka orang itu aja ngomong sebentar gini, sebentar gitu. 
foto eric

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

,

Untuk Promo Iklan Anda, Tour to the Langkat, Pelatihan Kesiap Siagaan Bencana - Silahkan Contact: +6281265247980 - E-mail:taganalangkat@yahoo.com
design,mulai

Labels

bagi,testing

Redaksi Blog Tagana Langkat